Selasa, 26 Juli 2016

Membuat aplikasi media player sederhana Part 1

Media Player adalah suatu aplikasi yang biasa kita gunakan untuk mendengarkan musik atau video di computer. Dapatkah kita membuat media player sendiri?
Nah dalam pembahasan kali ini kita akan mencoba membuat aplikasi sederhana windows media player di visual studio 2010 ultimate.
Pertama kita siapkan visual studio 2010 ultimate dahulu.



Pada gambar diatas adalah tampilan awal dari visual studio 2010 ultimate…
Kita klik new project, maka akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini :


Kita beri nama dahulu aplikasi kita dengan nama : Media Player kemudian klik pada form dan rubah properties pada sisi kanan Text = Media Player dan ShowIcon = False, maka tampilan awal dari form Media Player sederhana kita sebagaimana gambar berikut.


Untuk menambahkan item media player pada tool box maka kita harus membuka item media playernya terlebih dahulu dengan cara klik menu Tools kemudian klik Choose Toolbox Items dan pilih COM Components kemudian centang pada Windows Media Player dan klik Ok. Maka pada tool box COM Components di tool box windows media player akan muncul Windows Media Player kemudian kita drag ke dalam form.


Setelah itu kita klik pada W indows Media Player dan rubah propertiesnya Dooc = Fill dan URL diisi dengan file yang ada di komputer contoh : G:\0001Aishiteru.mp3.
Maka selesailah pembuatan Media Player  sederhana kita, dan anda dapat melihat tutorialnya dalam video berikut ini :
1. Part1

2. Part2
3. Part3
4. Part4
 Selamat mencoba ...




Tidak ada komentar:

Anda adalah pengunjung ke :