Senin, 15 September 2008

ASAL USUL

BIMA merupakan satu kota yang terletak di ujung timur pulau Sumbawa. Kota Bima merupakan salah satu kota dari 9 kota yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Penduduk Bima mayoritas pemeluk agama Islam yang taat, bahkan budaya Bima pun mencerminkan budaya Islam dalam versi Bima.
Di antara budaya yang berkembang adalah "Budaya Rimpu yang merupakan ciri khas dari masyarakat Bima. Budaya rimpu ini adalah budaya berpakaian masyarakat Bima dengan menutup semua anggota badan kecuali muka dengan dua helai sarung. satu sarung dipakai untuk rimpu, yaitu menutup bagian atas badan, dan satu sarung lagi dipakai untuk katente, yaitu menutup bagian bawah badan.
Budaya lainnya lagi adalah budaya silaturrahmi yang betul-betul bernafaskan Islam. Orang Bima dimanapun sebagai satu keluarga, tidak pandang apakah itu ada hubungan kerabat atau tidak, jauh atau dekat. Dari budaya silaturrahmi ini agama Islam sebagai dasar betul-betul dipegang kuat. jika ada orang Bima yang murtad atau keluar dari Islam, maka dengan sendirinya akan dikucilkan oleh keluarga maupun masyarakat.
Penghormatan pemerintah juga terhadap pelaksanaan ibadah di Bima juga perlu dibanggakan. Pelaksanaan ibadah dijamin kekhusukannya dengan diterapkannya peraturan yang melarang semua kendaraan bermotor untuk lalu-lalang pada waktu sholat Jum'at dilaksanakan.
Dari daerah inilah saya berasal. Orang tua maupun keluarga besar saya berasal dari Bima. hanya saja saya ditakdirkan untuk mencari nafkah di tempat lain.
semoga Allah SWT meridloi.. Amin

Tidak ada komentar:

Anda adalah pengunjung ke :