Rabu, 01 Februari 2012

PERMAINAN CATUR

Permainan catur adalah permainan perang terbuka yang dilakukan di medan tempur berupa petak putih dan hitam sebagai perwakilan kebaikan dan keburukan (filosofi Hindu). Permainan ini membutuhkan strategi-strategi kemenangan yg dilakukan dengan cara melindungi “Raja” sebagai lakon utamanya.
Dalam melindungi Raja tersebut seluruh bidak dan pion dikerahkan baik untuk menyerang maupun melindungi Raja. Bidak dan pion diadu dengan musuh untuk kepentingan raja, mereka juga bisa dikorbankan demi keuntungan sang Raja. Demikian juga Menteri sebagai pembantu utamanya pun suatu saat akan dikorbankan. Bahkan jika Menteri sudah tidak dibutuhkan lagi akan dikorbankan dan dipromosikan pion untuk menjadi Menteri baru. Sungguh strategi yang membutuhkan pemikirian dan ketelitian, bahkan membutuhkan hati yang “tega” untuk mencapai sebuah keuntungan dan kemenangan…
Tapi ingat. Tidak selamanya pion mendampingi Raja, tidak selamanya bidak melindungi Raja dan tidak selamanya Menteri mendampingi Raja…Waspadalah…….Suatu saat sang Raja bisa di “Skak Mat”…..
Kita memilih menjadi pion, bidak, menteri atau Raja…. Terserah kitaDilarang tersinggung kecuali bagi yang cepat tersinggung, karena ini hanya filosofi, …filosofi ini terbuka…. Kalau mau melapor kepada sang Raja silahkan….….

Tidak ada komentar:

Anda adalah pengunjung ke :